Tefas untuk mencegah Peningkatan Pemanasan Global (Global Warming) oleh Tim PKM Karsa Cipta Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Surakarta

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 16 Juli 2018

Lulusan Perguruan Tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking,management skill, dan communication skill. Kreativitas merupakan penjelmaan integratif dari pikiran (kognitif), perasaan (afektif), dan keterampilan (psikomotorik). Mahasiswa dapat mencapai level kreatif, ketiga faktor termaksud diupayakan agar optimal dalam sebuah kegiatan yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

PKM dikembangkan dalam rangka mengantarkan mahasiswa mencapai kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri, implementasi kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan PKM.
Salah satu Tim PKM Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Surakarta yang lolos hibah DIKTI 2018 adalah Tim PKM KC dengan pembimbing Ibu Indah Wahyu Utami, ST., M.Si mengambil judul “TEFAS (Technology Electrostatic, Filtration And Sterilization) Mencegah Peningkatan Pemanasan Global (Global Warming)”TEFAS (Teknology Elektrostatis,Filtration And Sterilizion) adalah sebuah alat yang dibuat untuk mengurangi peningkatan pemanasan global disebabkan oleh polusi udara contohnya asap kendaraan, asap industri dan asap kebakaran hutan. Alat ini mempunyai kemampuan menyaring udara yang tercemar oleh hasi lpembakaran dari bahan bakar fosil baik dari kendaraan bermotor, industri dan kebakaran hutan.
Cara kerja alat ini yaitu menghisap asap hasil sisa pembakaran kemudian akan di proses dengan menggunakan 3 tahap hingga hasil keluaranya menjadi O² (oksigen) dan O³ (ozon). Tiga tahap yaitu tahap Filtrasi, tahap Elektro statis dan sterilisasi dengan menggunakan sistem nossel water pump sehingga dapat menghasilkan udara yang bersih yaitu O² (oksigen) dan O³ (ozon) yang berperan penting dalam kehidupan.
Tindak lanjut kegiatan PKM diadakan monev eksternal Hibah Dikti 2018 yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kegiatan tersebut diadakan tanggal 11-12 Juli 2018 sesuai dengan daftar urutan presentasi Monev bagi Perguruan Tinggi yang lolos pendanaan PKM Dikti 2018. Tim PKM KC Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Surakarta mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan Monev Eksternal. Tim PKM KC menyiapkan produk jadi, laporan kemajuan, laporan keuangan, log book dan beberapa berkas kelengkapan lainnya
Tim PKM KC Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Surakarta yang terdiri dari Gamma Sanjaya (TI’A 2017), Bayu Nugroho (TI’A 2017) dan Fitriana Dewi (SI’A 2016)didampingi pembimbing Ibu Indah Wahyu Utami, ST., M.Si mempresentasikan hasil PKM KC nya dengan baik di hadapan reviewer. Presentasi video implementasi penggunaan alat TEFAS sudah diuji cobakan. Jadwal presentasi monev eksternal tim PKM Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Surakarta pada Rabu, 11 Juli 2018, bersamaan dengan tim PKM STIKES PKU Muhammadiyah, STIKES Nasional, Politeknik Indonusa, Politama Surakarta, ISI, UNISRI dan beberapa Tim PKM dari Universitas Muhammadiyah Surakarta.



Berita Lain